Perangkat Keras

Hardware tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sudah berkecimpung di dunia komputer. Tetapi, bagi yang masih jarang bergelut dengan dunia komputer tentu masih minim pengetahuannya tentang hardware itu sendiri. Dalam dunia komputer, hardware (perangkat keras) merupakan komponen-komponen fisik nyata yang membentuk sebuah sistem komputer yang fungsinya untuk menunjang  kinerja dari komputer itu sendiri. Terdapat banyak komponen hardware dalam dunia komputer. 



Macam Perangkat Keras



Perangkat input


Perangkat input Salah satu jenis hardware yang berguna untuk memasukkan informasi maupun data. Baik itu dalam bentuk video, teks, gambar, audio, dan yang lainnya ke dalam sebuah komputer. Berikut beberapa contoh hardware tersebut: Mouse Merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi untuk menggerakkan kursor yang ada di layar komputer. Selain itu, dengan menggunakan mouse, user juga akan lebih mudah dalam memilih menu apa saja yang diinginkan pada komputer. Keyboard Jenis hardware yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam memasukkan angka, simbol, dan huruf-huruf ke dalam komputer. Scanner Berguna mengubah dokumen dari hard copy menjadi soft copy. Jenis hardware yang satu ini umumnya sangat penting untuk digunakan. Pasalnya, ada banyak orang yang memerlukannya untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang penting dengan adanya tanda tangan dan stempel.





Perangkat output


Perangkat output Merupakan jenis hardware yang berguna dalam menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang user lakukan.Data ataupun informasi tersebut berasal dari hardware input yang sudah melewati hardware process. Misalnya seperti monitor, proyektor, hingga printer.  Monitor Merupakan komponen yang perlu dimiliki oleh setiap perusahaan dalam melakukan berbagai pekerjaan. Umumnya pekerjaan tersebut berhubungan dengan dokumen maupun data. Printer Salah satu jenis perangkat keras yang dapat Anda gunakan dalam mencetak segala macam keperluan dokumen yang diinginkan. Proyektor LCD Perangkat keras yang berguna untuk memudahkan Anda dalam menampilkan video maupun gambar ke layar LCD dari komputer. Hal ini berarti, saat menggunakan proyektor LCD, Anda bisa menampilkan suatu presentasi dengan lebih jelas.


Komponen CPU

Berikut ini terdapat beberapa komponen cpu, terdiri atas:

1.   Unit Kontrol

Unit kontrol yang mengatur jalannya program. Komponen ini tentu ada di semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga sinkronisasi yang terjadi antara komponen bekerja dalam menjalankan fungsi operasi. termasuk tanggung jawab unit kontrol ialah mengambil perintah, instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi.

Jika ada instruksi untuk aritmatika atau perbandingan logika, unit kontrol akan mengirim instruksi ke ALU. Hasil pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama untuk disimpan, dan waktu akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

a.   Mengatur dan mengontrol alat input (masukan) dan output (keluaran).

b.   Mengambil instruksi dari memori utama.

c.   Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.

d.   Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika dan perbandingan logika, lalau mengawasi kerja dari ALU.

e.   Menyimpan hasil proses ke memori utama.

2.   Register

Register adalah perangkat penyimpanan kecil yang memiliki akses ke kecepatan yang cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan / atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau data untuk diproses lebih lanjut.

Dengan analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai memori dalam otak ketika kita melakukan pengolahan manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi kenangan, unit kontrol yang mengatur semua aktivitas tubuh dan memiliki tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

 

3.   Unit ALU

Unit ALU berfungsi untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut bahasa mesin dikarenakan pada bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, arithmetika satuan dan boolean unit logika, yang masing-masing memiliki spesifikasi pekerjaan sendiri.

Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan perintah program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

Tugas lain dari ALU adalah untuk membuat keputusan dari operasi logika sesuai dengan perintah program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹), kurang dari (<), kurang dari atau sama dengan (£), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³).

Interkoneksi yang CPU dan bus sistem koneksi yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, perangkat input / output.

 

4.   CPU Interconnections

Adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan system lainnya. Seperti memori utama, piranti masukkan/keluaran.




Apa itu teknologi bantu?


Banyak orang cacat mengakses dan menggunakan komputer dengan cara yang sangat berbeda. Beberapa dari mereka menggunakan teknologi bantu untuk melakukannya. Ini tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing.


Assistive technology (AT) menggambarkan perangkat, perlengkapan, dan perangkat lunak yang membantu penyandang disabilitas untuk hidup lebih mandiri. Baik itu dalam pendidikan, pekerjaan, atau kehidupan sehari-hari.


Contoh teknologi pendukung termasuk pembaca layar, tampilan braille, dan kaca pembesar layar. Tetapi mereka juga dapat menyertakan peralatan seperti alat bantu gerak, alat bantu jalan, dan kursi roda.


Penting bagi pengembang dan perancang web untuk mempelajari cara kerja teknologi pendukung. Melakukannya dapat membantu menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi orang yang menggunakannya.


Mengingat hal itu, kami menjelaskan beberapa perangkat paling umum yang digunakan orang untuk menjelajahi web.


Berbagai jenis perangkat teknologi bantu

Keyboard adaptif

Papan ketik yang dimodifikasi yang dirancang untuk seseorang dengan persyaratan akses. Ada banyak jenis keyboard adaptif yang dapat membantu orang dengan kebutuhan akses yang berbeda.


Untuk gangguan motorik

Ada banyak jenis keyboard untuk orang dengan ketangkasan atau kontrol motorik terbatas.


Beberapa papan ketik telah menaikkan area di antara tombol, bukan area standar yang lebih rendah. Ini memungkinkan seseorang untuk meletakkan tangannya di atas keyboard sebelum menemukan kunci yang benar. Menekan tombol ini membutuhkan tindakan yang lebih disengaja dari pengguna.


Seseorang yang menggunakan keyboard yang diperluas Maltron dengan komputer desktop.

Keyboard yang diperluas Maltron menawarkan akses yang ditingkatkan untuk pengguna yang cacat fisik dan tunanetra.

Keyboard yang diperluas Maltron adalah contoh yang bagus. Area permukaannya yang besar memudahkan orang dengan gangguan kontrol otot (seperti cerebral palsy) untuk menggunakannya. Keyguard logam yang terangkat membantu pengguna menghindari penekanan tombol dan kesalahan ketik yang tidak disengaja.


Untuk gangguan penglihatan

Keyboard kontras tinggi membantu pengguna tunanetra dan rabun membedakan tombol.


Papan ketik adaptif terkadang dilengkapi dengan perangkat lunak pelengkap kata. Ini membantu mempercepat proses pengetikan dan mengurangi jumlah penekanan tombol.


Beberapa orang mungkin lebih suka overlay keyboard. Ini adalah lembaran plastik dengan tombol atau fungsi khusus yang ditandai dengan warna berbeda. Beberapa overlay menggunakan simbol atau gambar untuk membuat keyboard standar lebih mudah diakses.


Perangkat input alternatif

Tidak semua orang menggunakan mouse dan keyboard untuk mengoperasikan komputer. Perangkat input alternatif memberikan pilihan yang berbeda bagi penyandang disabilitas mobilitas. Mengizinkan orang menggunakan komputer dengan cara yang paling sesuai untuk mereka. Ini bisa dengan menggunakan kaki, mulut, mata, napas, ibu jari, atau satu jari.


Perangkat ini terkadang diaktifkan dengan pelacakan gerak. Tetapi beberapa menggunakan sinyal saraf atau otot, pelacakan optik, dan bahkan aktivitas otak.


Sebagian besar perangkat input alternatif berfungsi dengan keyboard di layar, papan kata, atau antarmuka piktogram.


Beberapa contoh perangkat input alternatif meliputi:


Penunjuk kepala

Stik, stylus, atau benda yang dipasang di kepala yang memungkinkan pemakainya berinteraksi dengan antarmuka komputer.


Perangkat entri sakelar tunggal

Tombol yang melakukan tindakan saat ditekan, mengirimkan sinyal ke komputer. Mereka sering terlihat seperti kancing bulat besar berwarna-warni.


Anda dapat menyesuaikan sakelar untuk melakukan tindakan apa pun yang Anda inginkan. Beberapa orang mungkin menggunakan beberapa sakelar untuk melakukan fungsi yang berbeda. Pengaturan multi-saklar populer di komunitas permainan video.


Sakelar kaki

Sakelar kaki bekerja dengan cara yang mirip dengan perangkat sakelar tunggal. Tapi bukannya tombol, mereka terlihat seperti pedal.


Sakelar sip-and-puff

Sebuah perangkat yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan komputer dengan menghirup dan menghembuskan napas kecil udara. Perangkat sip dan engah terhubung ke antarmuka komputer yang memindai layar.


Saat bagian layar yang ingin digunakan pengguna untuk berinteraksi menjadi fokus, mereka dapat 'mengklik' area tersebut dengan menarik atau menghembuskan napas. (Tergantung pada bagaimana mereka memilih untuk menyesuaikannya).


Anda dapat melihat cara kerja sakelar sip dan engah untuk Jared, yang menderita cerebral palsy, dalam video di bawah ini.


Comments

Popular posts from this blog

Etika Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.